perbaiki mobo rusak

Sebelum anda mempelajari Bagaimana Cara Memperbaiki Motherboard Rusak, alangkah baiknya jika anda mengetahui apa Fungsi Dari Motherboard itu sendiri. Fungsi Dari Motherboard adalah sebagai tempat menancapkan dan menyalurkan listrik dari Power Supply ke komponen-komponen komputer yang lain seperti Processor, Memory, Harddisk, CD-ROM, dll. Setelah anda mengetahui Fungsi Dari Motherboard, di bawah ini adalah Cara Memperbaiki Motherboard Rusak :

1. Jika anda mendapatkan Motherboard rusak dengan Elco yang menggelembung anda bisa mengganti Elco tersebut. Untuk pemasangan Elco anda bisa menggunakan Blower atau alat Solder. Biasanya Elco berbentuk tabung kecil berwarna hitam dan melekat pada Motherboard.

2. Apabila Transistor mengalami kerusakan anda juga bisa melakukan hal yang sama seperti di atas yaitu dengan mengganti Transistor yang rusak dengan Transistor yang baru. Untuk pemasangan Transistor anda bisa menggunakan Blower atau alat Solder. Biasanya Transistor berbentuk kotak hitam kecil dan mempunyai 3 kaki serta melekat pada Motherboard.

3. Seandainya Bus yang mengalami kerusakan, anda juga bisa melakukan hala yang sama seperti di atas yaitu dengan mengganti Bus yang rusak dengan Bus yang baru. Untuk pemasangan Bus anda bisa menggunakan Blower atau alat Solder. Biasanya Bus berbentuk persegi panjang berwarna hitam dan mempunyai kaki yang sangat banyak serta melekat pada Motherboard.

4. Jika ternyata kerusakannya bukan karena ketiga hal di atas, oleh sebab itu silahkan coba bersihkan Motherboard tersebut menggunakan Rinso dengan cara menyikatnya sampai bersih. Setelah itu jemur hingga kering, baru bisa dipasang. Cara ini biasanya dilakukan untuk menghilangkan Isolasi yang bersifat menghambat kinerja Motherboard. Isolasi adalah debu atau kotoran yang ada di sekitar komponen-komponen Motherboard.
Share this post :

+ komentar + 2 komentar

29 September 2015 pukul 09.30

terimakasih banyak gan atas infonya

salam Rajalistrik.com

2 Maret 2016 pukul 18.16

bang , elco kemarin keluar asap ada gax jualan di toko komputer...??

Posting Komentar
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ekoprastiyo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger