Nyobain windows XP rasa Vista

Mengubah Windows XP Menjadi Mirip Vista


Bosan dengan tampilan Windows XP yang begitu-begitu saja? Bagaimana kalau kita ubah menjadi mirip Windows Vista. Ikuti caranya. Catatan: Hal-hal yang di-update dalam tutorial ini: UXTheme Patch untuk XP SP3, Multipatcher untuk XP SP3, dan ada pilihan untuk mengunduh semua file patch sekaligus.



Tampilan sistem operasi teranyar Microsoft, Windows Vista memang mempesona. Berbagai fitur baru seperti Windows Sidebar, User Account Control (UAC), Parental Control, SuperFetch dan ReadyBoost memberikan nilai tambah bagi para penggunanya. Namun ada satu fitur yang sangat menonjol bernama Windows AERO yang dapat membuat Windows Vista hadir dengan penampilan window yang transparan (seperti kaca), animasi pada icon beresolusi tinggi, juga fitur eye candy yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengguna Mac OS X.


Tampilan Windows Vista yang menonjolkan efek gelas kaca membuat banyak orang bertanya, apakah tampilan tersebut bisa diwujudkan dalam versi Windows sebelumnya seperti Windows XP. Sebab sebagian pengguna Windows XP masih enggan beralih ke Windows Vista karena dukungan driver untuk beberapa hardware belum ada. Selain itu, berbagai software yang sering digunakan masih banyak yang belum berjalan sempurna di dalam lingkungan Windows Vista. Belum lagi tuntutan Windows Vista yang haus memori dan hardware berspesifikasi tinggi.


Untunglah harapan menikmati tampilan Vista di Windows XP bisa menjadi kenyataan. Ada beberapa software yang dirancang khusus untuk mengubah tampilan Windows XP menjadi mirip Vista. Kebanyakan software itu sangat mudah menjalankannya sebab hanya memerlukan sekali instalasi dan restart. Namun satu hal yang harus diwaspadai, data-data penting sebaiknya di-backup sebelum menjalankan software-software tersebut.


Tulisan ini menawarkan dua cara untuk mengubah tampilan Windows XP lama menjadi bercitarasa Vista. Cara pertama (memodifikasi uxtheme.dll) tidak terlalu membebani sistem Windows namun sedikit ngejelimet sedangkan cara kedua relatif mudah sebab hanya dengan beberapa kali klik tampilan Windows yang tadinya membosankan berubah menjadi lebih sedap dipandang. (UnitedFool.com)



CARA PERTAMA



Ada baiknya kita mencoba yang sulit lebih dulu untuk memahami bagaimana cara bekerja Windows menampilkan visual style-nya. Theme standar yang disediakan Windows XP Home atau Pro dikendalikan oleh uxtheme.dll yang menerjemahkan file theme bernama MSStyles. Rupanya, dengan memodifikasi file uxtheme.dll, tampilan Vista bisa hadir dalam Windows XP. Tidak hanya itu, berbagai theme (MSStyles) bisa diunduh dari internet, entah itu tampilan mirip MacOS, Linux, dan sebagainya. Silakan ikuti cara ini dengan catatan Anda sudah melakukan backup data-data penting sebelumnya untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.


Download File yang Diperlukan



  1. Periksa Windows XP Service Pack apa yang Anda gunakan. Tekan tombol keyboard berlogo Windows + tombol Pause/Break secara bersamaan untuk membuka jendela system properties. Di situ akan terlihat Service Pack apa yang Anda gunakan, misal Service Pack 2.

  2. Download lalu unzip file uxtheme.dll yang diperlukan. Jika Anda menggunakan:




  1. Anda perlu mengunduh lalu unzip Replacer dari http://www3.telus.net/_/replacer/ (unduh stable version) atau dari http://rapidshare.com/files/109536407/Replacer.zip. Replacer dengan cerdik mengganti system files bawaan Windows dan melakukan backup agar bisa kembali ke system files asli seandainya proses pergantian bermasalah.


*Note: Bila Anda meng-uprade XP dari SP1 atau XP SP2 menjadi XP SP3, file UXTheme yang sudah Anda patch sebelumnya menjadi tidak berfungsi dan Anda tidak bisa menggunakan theme buatan pihak ketiga. Anda harus melakukan patch ulang UXTheme yang diperuntukkan untuk XP SP3.


Mengganti File Uxtheme.dll



  1. Klik dua kali file Replacer (replacer.cmd).

  2. Replacer - Mengubah Windows XP Menjadi Mirip Vista


  3. Anda akan diminta untuk melakukan drag dan drop uxtheme.dll asli yang terdapat dalam folder system32 (biasanya C:\WINDOWS\system32\uxtheme.dll). Drag dan drop uxtheme.dlll ke dalam jendela replacer.

  4. Tekan Enter.

  5. Setelah itu Anda akan diminta melakukan drag dan drop file uxtheme.dll pengganti yang sudah Anda download sebelumnya ke dalam jendela Replacer. Pastikan file uxtheme.dll yang Anda drop sesuai dengan XP Service Pack yang Anda gunakan.

  6. Anda akan dimintai konfirmasi apakah akan mengganti file itu atau tidak. Bila Anda yakin langkah yang diambil sudah benar tekan Enter.

  7. Replacer akan mengganti file uxtheme.dll lama dengan yang baru. Setelah itu restart komputer Anda.

  8. Selamat! Sekarang Anda bisa menggunakan themes buatan orang lain yang bertebaran di internet di komputer Anda.

  9. Oh ya, vista theme-nya download dimana? Silakan download 3 vista theme terbaik yang sudah UF pilih di http://rapidshare.com/files/109539190/vista_theme_xp.zip, unzip, lalu taruh tiga folder theme itu di C:\WINDOWS\Resources\Themes. Untuk mengubah theme, klik kanan di Desktop > Properties > Appearances tab > Windows and buttons.


Catatan: Kalau cara ini belum berhasil jangan berhenti. Download Multipatcher 6.0 (XP SP1, XP SP2, XP SP3) dari http://rapidshare.com/files/172865602/multipatcher_6.0.zip. Unzip lalu eksekusi file-nya. Ikuti perintah yang ada saat instalasi lalu restart.



MENGUBAH WINDOWS EXPLORER


Vista Styler - Mengubah Windows Explorer Menjadi Mirip Vista


Agar tampilan Vista di Windows XP semakin meyakinkan, kita juga perlu mengubah tampilan Windows Explorer menjadi mirip Vista. Caranya mudah, cukup dengan menginstal program Vista Styler. Pilihan skinnya juga banyak. Namun, skin yang paling cocok dan nyaman digunakan adalah skin VistaColor V2 (lihat gambar di atas). Skin-nya ditaruh di Program Files\Styler\TB\skins\Styler’s. Untuk program dan kumpulan skinnya bisa Sobat UF download di http://rapidshare.com/files/109693490/Styler_1.401.zip.


———————————————————————————————————

DOWNLOAD CARA PERTAMA DALAM SATU FILE (All in One): UXtheme.dll Patch, Multipatcher, Replacer, Vista Themes, Vista Styler

———————————————————————————————————


CARA KEDUA


Cara kedua relatif lebih mudah karena hanya menginstal software yang sudah dirancang sedemikian rupa agar bisa mengubah tampilan Windows XP menjadi mirip Vista. Lakukan backup data penting lebih dulu sebelum menggunakan software-software yang disebutkan dalam tulisan ini. Selain mengubah tampilan Windows XP menjadi mirip Vista, software-software ini juga mengubah hampir semua lingkungan Windows termasuk logon screen, system tray icons, dan sebagainya. Selamat mencoba dan silakan pilih mana yang cocok untuk Anda.


SOFTWARE GRATIS



Vista Transformation Pack 9.0.1 (Updated)

Vista Transformation Pack - Mengubah Windows XP Menjadi Mirip Vista


Download: softpedia.com/get/System/OS-Enhancements/Vista-Transformation-Pack.shtml

Besar File: Sekitar 28 MB

Software ini menawarkan banyak modifikasi di Windows XP mulai dari logon screen, icon-icon baru bahkan Windows Media Player Skins. Modifikasi ini membuat suasana Vista sangat terasa di Windows XP. Untuk memudahkan pengoperasian disediakan Configure User Accounts agar pengguna bisa memilih opsi apa yang ingin digunakan termasuk menginstal software pendukung lainnya seperti LClock, Thoosje’s Sidebar atau VisStart.


Vista Anthracite 1.31 Lite (Updated)

Vista Anthracite - Mengubah Windows XP Menjadi Mirip Vista



Dalam versi terbarunya ini, Anda bisa memiliki dua pilihan untuk Logon Screens. Selain itu ada ratusan icon, image dan animasi yang diperbaharui dan dioptimalkan. Artinya, semua icon, image dan animasi standar bawaan Windows XP diubah menjadi mirip Vista.


BricoPack Vista Inspirat Ultimate 2.1.0

BricoPack Vista Inspirat Ultimate - Mengubah Windows XP Menjadi Mirip Vista

Download: softpedia.com/get/Desktop-Enhancements/Themes/Universal-Vista-Inspirat-Brico-Pack.shtml

Besar File: Sekitar 28 MB

BricoPack Vista Inspirat yang sudah banyak diulas di berbagai majalah ini juga mengubah Windows icons, logon dan visual style Windows XP menjadi mirip Vista. Pastikan Anda mengikuti dengan benar instruksi yang diberikan agar Windows tidak menjadi bermasalah. Produk lainnya yang bisa dicoba dari situsnya adalah Brico Pack Crystal XP dan Brico Pack Longhorn Inspirat.


VistaMizer 3.2.0.0 (Updated)

VistaMizer - Mengubah Windows XP Menjadi Mirip Vista

Download: softpedia.com/get/Desktop-Enhancements/Themes/VistaMizer.shtml

Besar File: Sekitar 17 MB

Software ini bisa mengubah Windows XP, MCE atau Server 2003 menjadi mirip Vista dengan mengubah sedikitnya 380 file yang terdiri dari icon, image dan animasi yang sudah dimodifikasi. Sistem instalasi sudah didesain sedemikian rupa sehingga VistaMizer bisa di-uninstall bila pengguna ingin kembali ke tampilan Windows XP yang lama. Kalaupun Anda melakukan Windows Updates, VistaMizer akan memilah file sistem apa saja yang sudah di-update dan hanya memodifikasi file-file pilihan tersebut. Semuanya itu bisa dilakukan lewat program ekstra yang ada di VistaMizer.



SOFTWARE BERBAYAR



WindowBlinds 6.3 Build 109 (UPDATED)

WindowBlinds - Mengubah Windows XP Menjadi Mirip Vista

Download: stardock.com/products/windowblinds/downloads.asp

Besar File: Sekitar 16 MB

Software yang satu ini cukup terkenal karena mendapat dukungan yang luas dari para penggunanya. Anda bisa mendowload ribuan theme lainnya yang mengambil rupa Linux, Mac OS X, dan sebagainya dari situs wincustomize.com. Satu kelebihan yang paling menonjol dibandingkan software-software gratis yang disebutkan sebelumnya adalah kemampuannya menampilkan efek kaca (glass) transparan yang benar-benar mirip dengan Vista.


StyleXP 3.19 (Old Version, Bermasalah/Tidak Jalan di XP SP3)

StyleXP - Mengubah Windows XP Menjadi Mirip Vista

Download: tgtsoft.com/download.php atau softpedia.com/get/Desktop-Enhancements/Themes/Style-XP.shtml

Besar File: Sekitar 18-22 MB

Menurut pembuatnya, StyleXP bukanlah skinning engine sebab software ini hanya memanfaatkan lebih jauh built-in visual style engine buatan Microsoft. Software ini menawarkan berbagai tool mulai dari mengubah wallpaper, logon screen, icon dan sebagainya. Ribuan theme-nya bisa didownload di www.themexp.org dan skinbase.org

Share this post :
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ekoprastiyo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger